Kamis, 24 Juni 2010

Lebih teliti dalam Menyeting Rele SEL-551


Rele SEL-551 merupakan jenis rele Over Current dan Recloser yang terdapat fasilitas earth Fault namun nominal arus yang dioptionkan terlalu tinggi untuk untuk distribusi sistem tenaga listrik, yaitu sebesar 40 A. sedangkan arus gangguan fasa-tanah kurang lebih hanya 2 A primer saja. untuk itu rele jenis ini tergolong kurang sensitif terhadap arus gangguan tanah. 

Rele jenis ini merupakan rele digital, penyetingannay bisa dilakukan melauli transfer data dari laptop k rele melalui kabel serial. Rele ini juga memiliki tampilan (display) di panel depan rele. Dari dispaly rele tersebut dapat diketahui data setting, meter, event, logic dll. 

Yang harus diperhatikan dalam menyeting rele ini bahwa rele ini mebaca arus gangguan dari sekunder CT, ZCT maupun arus residual melalui kontak input arus rele. kemudian sekunder tersebut dapat ditampilkan pada display rele setelah dikalikan dengan CT Sizing sebagai faktor kalinya. Untuk itu sebelum menyeting rele ini perhatikan dulu CT Sizingnya apakah sudah sesuai dengan rasio CT/ZCT yang digunakan. Karena jika CT Sizing sebagai faktor kalinya tidak tepat maka akan berakibat pada pembacaan arus pada display rele tidak tepat juga. 
misal rasio CT : 500/5 A dan ZCT : 200/5 A 
maka CT Sizing: 
CT : 100 
ZCT : 40 

Demikian kami masih dalam tahap belajar, apabila ada hal-hal yang masih kurang tepat mohon dikoreksi. Terima kasih. ''

Tidak ada komentar: