Jumat, 25 Juli 2014


SAHABAT PLN PEDULI ENERGI
(Series SMP Negeri 9 Surabaya)
             PLN Area Suarabaya Utara yang dipelopori oleh Organisasi Persatuan Anak Muda PLN Surabaya Utara (Permata) melaksanakan program edukasi & sosialisasi tetang energy dan ketenagalistrikan dengan tajuk “SAHABAT PLN PEDULI ENERGI” di SMP Negeri 9 Surabaya. Program tersebut digagas pertama kali oleh Manager Rayon PLN Embong Wungu periode 2012 s/d 2013 Ibu Maria G.I. Gunawan dan menjadi salah satu program unggulan di Rayon Embong Wungu yang konsisten menjalankan program tersebut di beberapa SD di wilayah Rayon Embong Wungu seperti SDN Kaliasin 1 dan SDN Kaliasin 3 Surabaya.
          Hingga saat ini Program “SAHABAT PLN PEDULI ENERGI” masih terus berlanjut dan akan dilaksanakan terprogram bersama rekan-rekan di  Permata PLN Suarabaya Utara, sebagai salah satu media komunikasi dan edukasi eksternal PLN dengan siswa dan siswi SD/SMP di wilayah PLN Surabaya Utara. Banyak hal-hal positif yang dapat kami edukasikan sejak dini kepada siswa dan siswi SD/SMP seperti Pemutaran Video Kak Bili tentang Upaya Penghematan energi, Cara Bijak mengunakan enegi listrik, Bahaya energi listrik kaitanya dengan keselamatan ketenagalistrikan, Asal mula datangnya energy listrik mulai dari proses pembangkitan, penyaluran, distribusi, sampai ke rumah-rumah, perkatoran, industry dan pabrik, Prosedur pasang baru, perubahan daya maupun penaganan gangguan listrik oleh petugas PLN, juga pengenalan siswa-siswi SD/SMP kepada Pasukan Khusus PLN yang biasa kita sebut TIM PDKB PLN.
          Disamping edukasi rekan-rekan 
Permata juga memberikan kegiatan-kegiatan positif melalui game-game edukasi, Tanya jawab interaktif dengan doorprize, penbagian souvenir dan cideramata kepada siswa-siswi SD/SMP serta Guru Pembimbing, segingga siswa-siswi SD/SMP sangat antusias mengikuti program SAHABAT PLN PEDULI ENERGI yang digalang oleh rekan-rekan  Permata.
         
Selain rekan-rekan  Permata program ini juga didukung sepenuhnya oleh pihak management PLN Surabaya Utara, dari pihak management yang diwakili oleh Bapak Samekto dan Ibu Darmiasih kemarin turut hadir di SMP Negeri 9 Surabaya. Bahkan dari pihak kantor PLN Distribusi turut menyaksikan pelaksanaan program tersebut dan bersedia mensuport pelaksanaan program ini untuk kedepan sebagai salah satu program
sosialisasi dan edukasi unggulan PLN Distribusi Jawa Timur. Dengan demikian diharapkan program ini bisa terus dilaksankan dan dikambangkan tidak hanya dikalangan siswa-siswi SD/SMP melainkan juga dapat dilaksanakan dikalangan Pelajar SMA maupun di kalangan Mahasiswa.
          Kegiatan Sahabat PLN Peduli Energi dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2014 bertempat di SMPN 9 Surabaya. Acara dibuka langsung oleh Ibu Kepala Sekolah SMPN 9 Surabaya Ibu I Gede Rohani, kemudian sambutan dan pengarahan dari pihak management PLN Surabaya Utara yang diwakili oleh Bapak Samekto. Selanjutnya acara dilajutkan dengan pemutaran Video Kak Bili yang dipandu oleh Kak Aisyah dan Kak Mukti sebagai pembawa acara. Setelah pemutaran video dilanjutkan dengan tanya jawab interatif yang dipandu langsung oleh Kak Hanik Ulumudia dan Kak Donna Candra. Siswa-siswi terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Disamping menambah pengetahuan dan pengalaman siswa-siswi yang aktif juga berhak mendapatkan doorprize.
          Hampir semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik oleh siswa-siswi SMP Negeri 9 Surabaya, Bahkan tak segan mereka juga bertanya kaitanya dengan Ketenagalistrikan dan PLN. Tuntu saja bagi siswa-siswi yang aktif bertanya juga berhak mendapatkan doorprize dari kakak-kakak PLN.
          Tak terasa acara demi acara telah dilalui tiba giliran kakak-kakak dari Permata PLN Surabaya pamit undur diri seraya mengucapkan terimakasih atas kesedian pihak Sekolah yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk berbagi ilmu dan pengetahuan khususnya dibidang ketenagalistrikan dan PLN mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadikan generasi-generasi muda Indonesia yang cerdas,bijak,peduli,dan hemat energi bersama PLN Surabaya Utara. Acarapun ditutup langsung oleh Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Surabaya, dilanjutkan dengan foto bersama.
          Demikian, Salam “SAHABAT PLN PEDULI ENERGI”.

Tanya Jawab Interatif
 

Foto Bersama Ibu Kepala Sekolah, Perwakilan Management PLN Surabaya Utara, Kakak-kakak Permata dan Siswa-siwi SMP negeri 9 Surabaya.

Tidak ada komentar: